Adakah Kelestarian Tuna Di Ayam Brand™ Terjamin?

Adakah Kelestarian Tuna Di Ayam Brand™ Terjamin?

Ya, tuna kami berkelanjutan dan inilah alasan di balik klaim ini:

Walaupun tuna Ayam Brand™ hanya kurang dari 0.1% tangkapan tuna tahunan sedunia, Ayam Brand™ berkomitmen untuk menjadi suatu ‘brand’ yang berkualitas dan bertindak dengan penuh tanggung jawab serta berpendirian teguh untuk menjamin kelestarian sumber ikan, dengan melakukan penangkapan ikan dan proses produksi yang memenuhi dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Kami tidak mempunyai hubungan secara langsung dengan aktivitas penangkapan ikan tuna karena kami hanya bekerja sama dengan pabrik pengolahan ikan kaleng untuk melakukan proses produksi dengan menggunakan resep dan spesifikasi kami dibawah pengawasan mutu pihak kami. Namun demikian, pihak kami mempunyai pengaruh dalam menetapkan spesifikasi pembelian kepada produsen produk tuna kami.

Spesifikasi pembelian tuna yang ketat dimana mensyaratkan pelestarian sumber daya ikan adalah cara kami untuk memberi penekanan pada industri penangkapan ikan untuk terus berkembang, bukan hanya pada cara penangkapan ikan tuna yang lestari, tetapi juga pada perlakuan yang adil, terhadap tenaga kerjanya, sesuai dengan Undang Undang Ketenagakerjaan. Pabrik yang telah terpilih untuk memproduksi produk Ayam Brand™ harus mematuhi spesifikasi dan persyaratan ‘pelestarian’ yang telah ditetapkan oleh pihak kami.

Pada spesifikasi pembelian meliputi tiga kategori utama:

  1. Biomasa

    Aturan sederhana untuk memastikan kelestarian tuna yang digunakan untuk produksi Ayam Brand™.

  2. Kode Etik

    Ini adalah suatu keharusan bagi pemasok kami dan pemasok dari mereka sendiri untuk memastikan praktek ketenagakerjaan dan bisnis yang adil, sesuai peraturan yang ada.

  3. Rekomendasi

    Memberikan tekanan kepada industri untuk meningkatkan metode penangkapan ikan yang meminimalkan hasil tangkapan sampingan.

1 - BIOMASA

Aturan 1: Ayam Brand™ hanya mencari spesies tuna yang tidak terancam punah, terancam punah atau rentan sesuai dengan Daftar Merah IUCN.

Aturan 2 : Ayam Brand™ hanya mengambil spesies tuna dari stok regional dengan biomassa yang sehat (tidak ditangkap berlebihan dan tidak mengalami penangkapan berlebih). Stok dipantau oleh Organisasi Manajemen Perikanan Regional (RFMO).

RFMO adalah organisasi antar pemerintah internasional yang didedikasikan untuk pengelolaan sumber daya perikanan yang berkelanjutan di perairan internasional. Kami mengikuti Komisi Ikan Tuna Samudra Hindia (IOTC/iota.org) dan Komisi Perikanan Pasifik Barat dan Tengah (WCPFC/www.wcpfc.int) pada khususnya. Sebagian besar data mereka diterbitkan oleh ISSF (International Seafood Sustainability Foundation - http://iss-foundation.org).

Aturan 3 : Kami tidak menerima pasokan tuna dari Illegal, Unregulated, and Unreported (IUU) fishing.

Aturan 4 : Kami tidak menerima pasokan tuna dari kapal penangkap ikan yang tidak bersertifikat Ramah Lumba-lumba atau mereka yang mempraktekkan sirip hiu atau penangkapan ikan spesies yang terancam punah.

Aturan 5: Ayam Brand™ sumber HANYA TIGA spesies tuna:

  1. SKIPJACK TUNA ( KATSUWONUS PELAMIS )

    Sebagian besar tuna dalam kaleng AYAM BRAND™ menggunakan tuna skipjack. Tuna skipjack yang digunakan adalah berasal dari Samudera Pasifik, dimana kawasan tersebut telah dinilai oleh WCPFC sebagai kawasan perikanan dengan sumber tuna skipjack masih mencukupi, tetapi tuna skipjack bisa juga berasal dari kawasan lain yang telah dinilai oleh RFMO sebagai sumber skipjack yang masih mencukupi.

    Pelajari lebih lanjut.

  2. YELLOWFIN ( THUNNUS ALBACARES )

    Ayam Brand™ menggunakan tuna Yellowfin untuk produk tuna dalam minyak atau dalam air. Di beberapa kawasan di dunia, tuna yellowfin ditangkap secara berlebihan. Persyaratan Ayam Brand™ adalah hanya menggunakan tuna yellowfin yang ditangkap di Pasifik Barat, yang telah dinilai oleh WCPFC sebagai wilayah dengan tangkapan yang tidak berlebihan.

    Pelajari lebih lanjut.

  3. TONGGOL (THUNNUS TONGGOL)

    Kami berhasil mengganti Yellowfin dengan spesies yang kurang dikenal, Tonggol, di sekitar 16% dari pasokan kami. Dalam hal keseimbangan keberlanjutan, spesies seperti itu (juga dikenal sebagai Longtail Tuna) memiliki keuntungan dan kerugian. Di sisi positifnya, Tonggol adalah ikan pesisir yang ditangkap oleh nelayan skala kecil setempat. Ini berkontribusi pada ekonomi lokal dan tidak terdaftar sebagai spesies tuna yang terancam punah. Sisi negatifnya, spesies tuna lokal ini tidak digunakan oleh industri besar karena kurang mudah dikumpulkan dan diproses, oleh karena itu tidak ada pemantauan resmi terhadap biomassanya.

    Ayam Brand™ selalu memantau semua informasi dan laporan terbaru dari RFMOs dan ISSF untuk status biomasa tuna skipjack dan yellowfin.

2 - KODE ETIK

Ayam Brand™ bekerja sama dengan pemasok yang memiliki kode etik yang sama dan yang menjadikan hal tersebut suatu keharusan juga bagi pemasok mereka.

  • Tenaga kerja dan keadaan sosial sekitarnya hendaklah mematuhi undang-undang Negara dan aturan Internasional (mencegah issue-issue mengenai tenaga kerja illegal dan pelanggaran hak asasi manusia seperti perbudakan dan pekerja anak-anak)
  • Tidak ada korupsi
  • Tidak ada pasokan tuna ilegal, tanpa aturan, dan tanpa pelaporan penangkapan (IUU) perikanan
  • Tidak menerima pasokan tuna dari kapal penangkapan ikan tanpa sertifikat Dolphin Friendly atau dari kapal penangkap sirip ikan hiu atau spesies ikan yang terancam punah

3 - REKOMENDASI

Kami memainkan peranan dalam memastikan pemasok kami meningkatkan metode penangkapan tuna skipjack dan yellowfin untuk meminimalkan hasil tangkapan sampingan.

Sebagian besar tuna Ayam Brand™ ditangkap menggunakan kapal penangkapan yang menggunakan pukat jaring (purse seine), dan yang sebagian kecil dari penangkapan dengan cara joran (Pole and Line). Kami tidak menerima cara penangkapan lain (seperti long Line) karena tingkat hasil penangkapan sampingan yang berlebihan.

Sampai hari ini, pemasok kami tidak dapat membedakan tangkapan dari pukat jaring (purse seine) antara ikan berenang bebas atau dari yang di umpan (FAD) karena tangkapan tersebut telah bercampur di dalam kapal penangkap ikan. Tapi kami terus berdialog dengan pemasok kami yang berkomitmen untuk tetap mengumpulkan data dan berbagi informasi teknis. Hal ini membuat kami lebih memahami situasi dalam waktu yang singkat untuk meningkatkan spesifikasi pembelian.

Kami juga sedang mengerjakan untuk penambahan sertifikasi ‘Sustainable Pole and Line’ untuk berbagai produk tuna Ayam Brand™, sehingga Ayam Brand™ dapat menjadi pilihan untuk konsumen dalam waktu dekat ini.

Ayam Brand™ sangat berkomitmen dalam kelestarian dan transparansi terhadap rangkaian pasokan produk-produknya. Kami akan senang menerima bila ada pertanyaan lebih lanjut di “HUBUNGI KAMI”.